Senin, 30 Juli 2012

Mengenal Perangkat Penyusun Komputer

Secara garis besar satu unit komputer terdiri atas media masukan, media pemroses, media keluaran, media penyimpanan, dan alat pelengkap.
Media masukan disebut pula media input. Beberapa contoh media masukan yaitu keyboard, mouse, scanner, joystick, light pen, monitor touch screen, barcode reader, dan mikrofon.
Central Processing Unit ( CPU ) digunakan sebagai media pemroses utama. Karena fungsinya media ini dikatakan sebagai otak dari komputer. CPU bekerja dalam 3 peran. Peran pertama yaitu sebagai Control Unit. Peran kedua dan ketiga berturut-turut internal memory dan arithmatic logical unit. CPU yang lazim disebut Prosesor diletakan pada motheboard. Kemudian Motheboard, hard disk, dan beberapa komponen yang lain, diletakan dalam satu kotak yaitu case. Nah, satu unit case dan aneka komponen tersebut disebut casing.
Monitor, Speaker dan Printer tergolong sebagai media keluaran ( output ). Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak data dari dalam komputer. Output Monitor adalah segala sesuatu yang kita lihat pada layar monitor. Speaker merupakan alat output yang menghasilkan suara.

                                                                      Mouse
                                                                        Hard disk
                                                                       Monitor
                                                                          Light pen

Keyboard
                                                                            Scanner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar