Selasa, 31 Juli 2012

Mengenal Port dan Konektor

Casing, monitor, keyboard, mouse, serta semua peralatan dihubungkan dengan cara khusus. Alat yang digunakan untuk menghubungkan semua perangkat adalah kabel. Kabel memiliki 2 bagian, yaitu bagian ujung dan pangkal. Pada ujung dan pangkal kabel dipasangkat alat berupa konektor ( Connector ). Konektor ini ditancapkan atau dipasangkan pada bagian bernama port. Port dapat terletak pada casing, monitor, printer dan scanner.
Konektor yang digunaka komputer berbeda-beda. Perbedaan konektor mengakibatkan perbedaan port. Jenis port serta konektor perlu anda perhatikan. Hal ini berguna saat anda harus merangkai perangkat-perangkat sehingga terbentuk satu unit komputer. agar lebih paham mengenai hal ini, simak beberapa jenis port berikut.
a. UNIVERSAL SERIAL BUS ( USB ) PORT
Jenis Port USB digunakan sebagai tempat menancapkan konektor USB. Port ini biasa digunakan untuk menghubungkan casing dengan printer, flashdisk, external hardisk,dan scanner. Keyboard dan Mouse yang diproduksi akhir-akhir ini menggunakan port USB pula. Di pasaran dikenal beberapa jenis port USB, misalnya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A, dan port USB mini-B.

b.ETHERNET PORT
Port jenis Ethernet ini digunakan untuk membuat jaringan. Jaringan yang terbentuk dapat berupa jaringan local maupun internet.
                                                                    Konektor Ethernet
                                                                        Port Ethernet

c. Parallel Port
Jenis Port ini digunakan untuk menghubungkan printer dengan casing. Printer yang menggunakan Port ini biasanya berupa printer model LPT/1.

                                                                      Port Paralel
                                                                  Konektor Paralel

d. Video Graphich Array ( VGA ) port
VGA port digunakan untuk menghubungkan casing dan monitor. Konektor dan port VGA dapat terpasang kuat karena konektor VGA disertai baut pengencang.

e. PS/2 Port
Port PS/2 ( baca : pi es tu ) digunakan untuk menghubungkan mouse serta keyboard. mouse dan keyboard yang menggunakan port jenis ini disebut mouse PS/2 dan keyboard PS/2.
Port PS/2 masih banyak digunakan meskipun sekarang telah beredar mouse serta keyboard yang menggunakan konektor USB.
Letak port untuk keyboard berdampingan dengan port mouse. Untuk membedakan dua port ini, anda dapat melihat warna port. Port untuk keyboard berwarna ungu, sedangkan port untuk mouse berwarna hijau muda.

                                                               Port Keyboard & Mouse
                                                           Konektor Keyboard & Mouse

f. International Electronical Commission ( IEC ) Port
Port jenis ini digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam monitor maupun casing. Konektor IEC memiliki tiga batang logam.
                                                                          Konektor IEC
                                                                            Port IEC

g. Tip-Ring-Sleeve Port ( TRS )
Port jenis ini dapat digunakan untuk menghubungkan media masukan maupun keluaran. Media masukan misalnya headset multimedia. Media keluaran misalnya Speaker.
Port TRS berpasangan dengan konektor TRS. konektor TRS berbentuk silinder meruncing.

                                                              Port & konektor TRS

1 komentar: